SMA NEGERI 3 SAMARINDA

Sekolah Para Juara

NPS: 30401058 | NSS : | Akreditasi : A
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 RT. 17, Air Putih, Samarinda Ulu   0541-7773533
tu@sman3samarinda.sch.id
SMA N 3 Samarinda Wakili Kaltim di Ajang Olimpiade Bahasa Jerman Nasional 2021

SMA N 3 Samarinda Wakili Kaltim di Ajang Olimpiade Bahasa Jerman Nasional 2021

Kompetisi bahasa Jerman terbesar se-Indonesia kembali di gelar, NDO 2021. Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Nasional ini sudah memasuki babak final di bulan Januari 2021. 70 Peserta dari Seluruh provinsi di Indonesia berkompetisi untuk menjad 4 orang pemenang yang akan mendapat kursus daring bahasa Jerman untuk remaja, sebuah kesempatan emas yang tak bisa begitu saja dilewatkan.

Nugra bersama keuda pendampingnya, Sri Widayati, M.Psi (kanan) dan Roni Wijaya, S.Pd (kiri)

Nugra, Bersama kedua pembina Olimpiade Bahasa Jerman SMA Negeri 3 Samarinda, Sri Widayati, M.Psi (kanan) dan Roni Wijaya, S.Pd (kiri)

Adalah Nugra Badwinda Erlangga Alsatria, Salah satu siswa SMA Negeri 3 Samarinda yang juga menjadi satu-satunya wakil Kalimantan Timur di ajang ini. “Persiapan panjang telah kami di persiapkan, mulai dari pendampingan, latihan, bahkan sampai urusan jaringan kami kawal terus, kami akan berusaha semaksimal mungkin sampai titik final ini, semoga hasil terbaik untuk SMA Negeri 3 Samarinda dan Kalimantan Timur” Ungkap Sri Widayati, M.Psi, Guru Bahasa Jerman SMA Negeri 3 Samarinda, sekaligus pembina Nugra di ajang ini.

Format berubah

Situasi covid-19 ini tentu sedikit merubah format olimpiade serta hadiah yang perebutkan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Kali ini babak penyisihan dan babak final Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional seluruhnya akan berlangsung secara online dan digital. Adapun segala aspek kemahiran berbahasa menjadi penilaian dalam ajang ini. Kemahiran membaca, menyimak, dan menulis akan diujikan melalui sebuah platform digital. Sementara itu dalam uji kemahiran berbicara, para peserta akan bertemu secara virtual dengan juri melalui platform digital Actionbound.

“Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional diselenggarakan sejak tahun 2010 dan bertujuan untuk mendukung pembelajaran bahasa Jerman di Indonesia.” Ujar Roni Wijaya, S.Pd, Salah satu Guru Bahasa Jerman SMA Negeri 3 Samarinda yang juga menjadi pendamping Nugra dalam event ini.

Pada tahun ini, Lebih kurang dari 665 perserta yang merupakan siswa-siswi dari 29 Provinsi di Indonesia turut ambil bagian dalam babak penyisihan olimpiade bahasa Jerman yang telah dilaksanakan pada 7-13 Januari 2021. Seluruh peserta bersaing di tingkat A2. Mereka adalah pelajar yang masih duduk di bangku kelas 10 dan 11, berusia 15-17 tahun. Berbeda dengan tahun sebelumnya sebelum adanya pandemi, hadiah utama mendapat kesempatan ke Jerman tetap ada dan disiapkan, sambil menunggu kondusifitas keadaan, Namun hal itu sama sekali tak menyurutkan minat dan antusiasme siswa-siswi mengikuti olimpiade ini.

Nugra Badwinda Erlangga Alsatria, Saat mengikuti Final Olimpiade

28 Januari 2021, Nugra telah berjuang Pada Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional ini, bertempat di laboratorium Bahasa Jerman SMA Negeri 3 Samarinda, Nugra menjalani ujian kompetensi kemahiran Hören, Schreiben dan Sprechen (Menyimak, menulis dan berbicara). Tentu hasil terbaik adalah harapan kita semua, #BravoSmaga.

: Ibu Sri Widayati, M.Psi