SMA NEGERI 3 SAMARINDA

Sekolah Para Juara

NPS: 30401058 | NSS : | Akreditasi : A
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 RT. 17, Air Putih, Samarinda Ulu   0541-7773533
tu@sman3samarinda.sch.id
Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Buat Smagenkz yang sudah kelas XII, ini adalah waktunya bersiap-siap. Langkah dan arah mana yang akan kalian ambil, bekerja? Kuliah? Atau bekerja sambil kuliah? Ayun langkah ada pada diri kalian. Untuk smagenkz yang akan melanjutkan langkahnya ke jenjang perkuliahan, ada baiknya simak beberapa tips  dalam rangka memilih jurusan berikut ini. Sering dan selalu terjadi, siswa kelas XII di hadapkan dengan bingungnya memilih jurusan, ujung-ujungnya ikut-ikutan atau supaya terlihat keren, ini sungguh menyiksa ketika berada di perjalanan perkuliahan, here we go...

  1. Jangan karena ingin terlihat keren

Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan karena ingin terlihat keren. Ingin masuk teknik sipil misalnya supaya kemana-mana nenteng tempat kertas yang mirip bazzoka, terlihat keren. Atau ingin masuk kedokteran, supaya ketika ditanya tampak bonafid.

“Wah kenapa yah..kayaknya seru aja masuk FK, hehehe..”

“Jadi dokter itu profesi idaman calon mertua”

“Jadi dokter kan keren dan kerjaannya jelas ngapain, duitnya juga oke kayaknya.”

“Teksip kayaknya masyok pak eko”

Seandainya lulus dan di terima di jurusan, kalian akan terpontang-panting oleh ombak perkuliahan. Tetapkan niat, bulatkan tekad, bukan karena ingin tampak keren atau karenan gengsi, mati kutu.

  1. Ketahui passion mu, konsekuensi dan apa yang bakal kalian hadapi

Gambaran untuk masuk suatu jurusan setidaknya akan menuntun kalian untuk mengukur, seberapa berat sih nantinya perkuliahan itu dijalani. Atau paling tidak akan membawa kalian untuk mencari informasi, apa saja yang bakal kalian hadapi di perkuliahan. Dari informasi tersebut kalian bisa mengukur, mampu tidaknya. Jika tidak mampu, alangkah lebih baik jangan di teruskan.

Darimana mendapat gambaran jurusan? Kenali passion mu, dimana bidang yang membuat kalian enjoy dalam proses belajar. Setidaknya itu bisa menjadi batu pijakan untuk menyeleksi jurusan mana yang akan kalian pilih.

  1. Budget

Ini juga sangat perlu smagenk, passion cocok, kemampuan kapabilitas mumpuni, niat bulat, namun budget ternyata nabrak tembok. Konsultasikan dengan orang tua, keinginan dan cita-cita kalian, kalau bisa jauh-jauh hari. Orang tua pasti akan mengusakahan apa yang di dambakan putra-putrinya.

  1. Cek Ombak

Jika sudah menentukan jurusan, paling tidak beberapa jurusan yang terseleksi matang. Coba untuk lebih giat mempersiapkan diri, mulai dari ujian akhir di bangksu SMA, Soal-soan SBMPTN, sampai beberapa soal perkuliahan. Sekedar mengukur kemampuan diri, supaya nggak terlalu berbusa saat menghadapi kenyataan nanti.

  1. Doa

Ini senjata pamungkas, sejak menjejak jenjang kelas XII. Biasakan untuk memperjuangkan diri kalian melalui doa yang terpanjat. Jika perlu kabari orang tua kalian, untuk tak lupa mendoakan apa yang kalian cita dan harapkan.

 

Sukses dan Semangat selalu, Smagenkz.