SMA NEGERI 3 SAMARINDA

Sekolah Para Juara

NPS: 30401058 | NSS : | Akreditasi : A
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 RT. 17, Air Putih, Samarinda Ulu   0541-7773533
tu@sman3samarinda.sch.id
VERLOCHTA, GELAR SENI SMAGA 2022

VERLOCHTA, GELAR SENI SMAGA 2022

|Smaga, 28 Maret 2022

Ujian Sekolah (US) Kelas XII Tahun pelajaran 2021/2022 telah selesai dilaksanakan, Agenda rutin dan besar yang kemudian menjadi rutinitas SMA Negeri 3 Samarinda adalah "Perpisahan & Gelar Seni", 2 Tahun sudah agenda ini sama sekali tidak terlaksana akibat pandemi yang melanda.

Awalnya, di tahun ini agenda tersebut hampir tidak terlaksana. Proses cukup alot terjadi antara Panitia pelaksana dalam hal ini OSIS dan Komite sekolah dengan Pihak sekolah. Dimana pihak sekolah menghendaki "Perpisahan & Gelar Seni" di pending terlebih dahulu karena situasi pandemi. Sementara pihak panitia menginginkan adanya "Perpisahan & Gelar Seni" melihat kondisi kota Samarinda yang sudah mendekati pulih.

Akhirnya, Proses mediasi dan komunikasi mencapai kata mufakat, SMA Negeri 3 Samarinda menggelar "Perpisahan & Gelar Seni", 28 Maret 2022 di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda.

Verlochta, Bagian yang hilang

Tema yang di usung pada "Perpisahan & Gelar Seni" kali ini adalah "Verlochta", di ambil dari Bahasa Jerman, yang secara bahasa diartikan, berlubang. Secara harfiah ini menggambarkan ada bagian dan anggota yang hilang dari SMA Negeri 3 Samarinda, yakni Siswa/i Kelas XII yang akan melangkah melanjutkan langkahya, tegas Ibu Darmadianingsih, S.Pd. Pembina MPK yang juga turut wira-wiri mulai proses mediasi hingga puncak acara.

Senin pagi, 28 Maret 2022. Hotel Bumi Senyiur di banjiri muda-mudi ber-dress code formal, bahkan beberapa tampak menggunakan gaun dan kebaya. Mereka adalah Siswa/i Kelas XII SMA Negeri 3 Samarinda yang akan dilepas hari ini.

Begitu memasuki lorong Ballroom Hotel Bumi Senyiur backdrob gelap berhias lampu hias menyala menyambut para tamu dan para peserta pelepasan siswa. Suasana semakin elegan ketika memasuki arena "Perpisahan & Gelar Seni", megah dan mewah.

Panitia telah mempersiapkan ini semenjak kata mufakat telah diketok palu, mulai konsep, dana, acara, hingga pelbagai persiapan secara detail di-prepare, Ungkap Ibu Rabiatul Adawiyah, M.Pd, Pembina OSIS yang tak kalah wara-wirinya dengan ibu Darmadianingsih.

Pecah, Penuh Keharuan

Tampak Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Samarinda, bersama Ketua Komite SMA Negeri 3 Samarinda, Bapak H. Joko Iriandono, S.E., MA, Juga tampak Ketua Panitia "Perpisahan & Gelar Seni" H. Abdul Rofik, SP., MP telah hadir dijajaran kursi utama bersama beberapa tamu kedinasan.

08.30 Wite Acara dimulai, Master of Ceremony membuka acara. Tampak formal dan penuh kehidmatan, hingga acara pengalungan medali dan pembacaan peraih siswa/i terbaik kelas XII di tahun ajaran 2021/2022. Beberapa siswa/i sudah tampak mulai bersendu, menyadari ini adalah ceremony terakhir mereka, bahkan pelepasan atribut sekolah oleh Kepala SMA Negeri 3 Samarinda telah dilakukan.

Keharuan semakin memuncak, ketika acara sesi II dimulai, Beberapa penampilan berhasil menyita dan membahawa suasana semakin haru.

Kukira kita akan bersama
Begitu banyak yang sama
Latarmu dan latarku
Kukira takkan ada kendala

Sing a-long membahana ketika Ananda Muadz dengan gitarnya berdiri mengomandoi kakak kelasnya, sebuah lagu dari Tulus tersebut seperti mewakili perasaan mereka, terhadap sekolah yang akan mereka tinggalkan.

Hingga dipuncak acara, ketika guest-star membawakan "Sampai Jumpa" Milik Endank Soekamti, Suasana haru tak dapat dibendung lagi. hampir seluruh siswa ikut bernyanyi, menikmati perpisahan mereka.

Selamat jalan, See you on the TOP, Adios!