SMA NEGERI 3 SAMARINDA

Sekolah Para Juara

NPS: 30401058 | NSS : | Akreditasi : A
Jl. Ir. H. Juanda No. 20 RT. 17, Air Putih, Samarinda Ulu   0541-7773533
tu@sman3samarinda.sch.id
ANTI GAGAP, ROHIS AL-MUKARRAMAH TANGGAP

ANTI GAGAP, ROHIS AL-MUKARRAMAH TANGGAP

Berbicara di depan umum atau public speaking merupakan salah satu hal yang ditakuti sebagian orang. Ketakutan tersebut bukanlah hal yang aneh. Pasalnya, ketika sedang melakukan kegiatan ini, kita diharuskan untuk berdiri sendirian di hadapan banyak orang yang memfokuskan pandangan dan perhatiannya kepada kita. Alhasil, tekanan ini pun membuat kita merasa tidak boleh melakukan kesalahan, hingga pada akhirnya membuat kita menjadi tegang. Bahkan, adakalanya justru membuat kita tidak mampu melakukan ini dengan baik.

Padahal, public speaking merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan. Pemimpin organisasi pasti dituntut untuk berbicara di hadapan banyak orang dalam berbagai kesempatan. Dalam dunia kerja pun bisa jadi kita diminta untuk melakukan presentasi di hadapan orang-orang penting perusahaan.

Banyak orang takut Public Speaking dengan ragam alasan: suka merasa gugup, grogi, merasa tidak bisa, tidak biasa, takut salah ucap, takut "nge-blank", dan sebagainya yang masuk kategori "demam panggung".

Menanggapi perlunya skill public speaking, ROHIS Al-Mukarramah SMA Negeri 3 Samarinda mengadakan sebuah pelatihan online tentang bagaimana mempersiapkan diri menjadi pembicara yang baik dan siap. Adapun peserta yang turut ambil bagian dari pelatihan online adalah seluruh anggota Rohis dan juga di buka untuk umum, siswa/i SMA Negeri 3 Samarinda.

Kelas online ini sendiri di mentori oleh Dimas, Seorang public speaker yang sudah malang melintang di kota Samarinda. Dalam pemaparannya, Dimas memberikan dan membeberkan banyak sekali rahasia-rahasia bagaimana menjadi speaker yang cakap seperti bagaimana menguasai, mengarahkan dan membawa public dengan apa yang di bicarakan, cara bagaimana agar tidak gugup dihadapan umum, mengatasi "blank", memberi perspektif baru, menyampaikan pendapat, berbagi pengalaman, atau sekedar menghibur pendengar dan pelbagai trik public speaking  jitu lainnya.

Di akhir pemaparannya, Dimas mengharapkan seluruh perserta dapat terus melatih dan mengaplikasikan apa yang telah di dapat dalam kelas online ini, terutama dalam ber-organisasi di ROHIS Al-Mukarramah SMA Negeri 3 Samarinda.